Minat Anak = Bakat Anak

Bacaan saya memang belum cukup banyak perihal minat dan bakat anak. Masih dalam hitungan jari. Baru beberapa buku yang sempat saya baca. Dan itu pun tak seluruhnya khatam. Cara baca saya masih lompat-lompat. Saya belum cukup sabar untuk meniti satu per satu halaman.

Meski begitu –dalam ini- terkait minat dan bakat ini, kegiataan harian saya di madrasah bersama anak-anak, membuat saya barangkali punya sedikit pemahaman meski Cuma secuil.

Saya tak sepenuhnya setuju pada anggapan yang menyebut bahwa sifat bakat adalah bawaan sejak lahir. Menurut hemat saya, bakat itu berbanding lurus dengan minat anak. Dimana minat itu tumbuh, disitulah sebenarnya bakat itu bersemi.

Karena tiap anak bisa jadi punya minat masing-masing. Sebagai orang tua dan pendidik kita harus ikhlas akan hal ini. Jangan pernah sekali-sekali memaksa anak pada bidang hobbi yang tak disukainya. Dukung saja apa minat bakat anak kita. Beri dukungan dan arahan yang baik. Dan fa insyaAllah itu dia yang menjadi bakat si anak di kemudian hari.

 

Tentang In'am Al Fajar

Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Klesman Wonosobo, tholabah Ma'had Aly Pesantren Al Hikmah 2 Brebes Th.2008, --penyuka nasi goreng yang tengah menikmati proses belajar menulis.
Pos ini dipublikasikan di Catatan Pak Guru. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Minat Anak = Bakat Anak

  1. rakai berkata:

    saya telah melihat blog anda dan saya lihat anda Hobi menulis dan mengikuti lomba seo ya
    saya share info menarik untuk anda ya. klik aja di => lomba menulis SEO

Tinggalkan Balasan

