Menggenal Potensi Lintas Sektoral Bojonegoro

Pak RT beli sayur

Kubis, sawi dan lamtoro

Jalan-jalan ke Jawa Timur

Don’t forget Sob,  singgah ke Bojonegoro

photo_71_5-gapura

Secara geografis, kabupaten Bojonegoro terletak di provinsi Jawa Timur. Bojonegoro berbatasan langsung dengan Tuban di bagian utara, Lamongan di timur, Blora di barat serta Nganjuk, Madiun dan Ngawi di bagian selatan. Kabupaten ini memiliki luas tidak kurang dari 230.706 ha, terdiri atas 27 kecamatan serta 419 desa dan 11 kelurahan.

Bojonegoro adalah satu diantara kota kabupaten di Indonesia yang memiliki potensi lokal luar biasa. Potensi lokal yang lintas sektoral, mulai dari sektor minyak dan gas bumi, sektor pertanian, sektor wisata dan kuliner, serta sektor kerajinan khas daerah.

Pada kesempatan ini, penulis bakal mengajak Sobat sekalian untuk keliling Bojonegoro. Melihat dan mengenal lebih dekat satu persatu potensi lokal lintas sektoral di kabupaten ini. Let’s begin.

1. Potensi Migas

Kita awali perjalanan kita untuk melihat potensi yang pertama. Mulai dari potensi yang paling menakjubkan. Sobat sudah tahu belum, kalau Bojonegoro adalah kabupaten dengan potensi migas yang luar biasa.  Bagian barat kabupaten ini masuk dalam kawasan  blok cepu, satu diantara sumber deposit minyak bumi terbesar di indonesia.

863357818p

Total produksi minyak Bojonegoro saat ini mencapai angka 63 ribu barel perhari, dan diperkirakan akan terus meningkat jumlahnya. Diprediksikan pada akhir tahun 2015 nanti, produksi minyak Kabupaten ini sudah mampu menembus angka 120 ribu barel perhari, sebuah jumlah yang setara dengan 20 persen kebutuhan minyak nasional.

2. Potensi Pertanian

Faktanya, kabupaten Bojonegoro dilewati oleh sungai terpanjang di Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Hal ini tentu membawa keuntungan tak ternilai, khususnya bidang pertanian. Dalam beberapa tahun terakhir, kabupaten ini selalu sukses swasembada beras. Dengan produksi beras yang surplus  ini, Bojonegoro jelas memiliki potensi besar untuk menjadi lumbung pangan nasional di masa mendatang.

tembakau

Selain tanaman padi , beberapa wilayah di Bojonegoro juga menghasilkan beragam jenis hasil bumi dengan kualitas unggul mulai dari tembakau virginia   ( varian tembakau terbaik di dunia) jagung, mangga, salak wedi hingga blimbing ngringinrejo.

3. Potensi Wisata

Dan yang ketiga adalah potensi wisata. Kabupaten Bojonegoro kaya akan potensi di sektor ini. berikut beberapa obyek wisata menarik yang bisa kita sambangi bila singgah di Bojonegoro.

a. Kahyangan api

Obyek wisata ini berlokasi di desa Sendangharjo, kecamatan Ngasem. Kahyangan api adalah satu diantara obyek wisata yang paling popular di Bojonegoro. kahyangan api menyuguhkan pemandangan api abadi yang menggagumkan, dan merupakan sumber api terbesar di asia tenggara.

lidah-api-abadi-kayangan-api_kidnesiathumb630x368

Sebelum sampai di obyek wisata ini, kita lebih dulu akan ditantang untuk menyusuri hutan jati yang eksotik. Dan begitu tibadi Kahyangan, kita akan melihat sebuah gapura dengan tiang yang saling berjajar. Nah, di tengah tiang itulah, terdapat lingkaran batu yang mengeluarkan gelombang panas, ‘rumah’ si api abadi.

b. Waduk Pacal

Waduk Pacal Terisi Air_15122012151831

Waduk Pacal adalah waduk besar dengan luas tak kurang dari 3,878 km dengan kedalaman 25 meter. Berlokasi 35 km dari arah selatan bojonegoro, waduk yang didirikan pada tahun 1933 ini, merupakan bangunan bersejarah peninggalan belanda, dan hingga kini masih terawat dan berfungsi dengan baik.

Berkunjung ke waduk pacal, membuat kita bisa menikmati panorama alam yang indah nan mempesona.

c. Wana Wisata Dander

3416705991_ba5ba12b69_o

Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini berlokasi di desa Dander, sebuah desa di selatan kota Bojonegoro. di Wana Wisata ini, kita bisa mendapati berbagai hiburan mengasyikkan mulai dari pemandangan alam yang asri, lapangan golf, hingga berbagai wahana bermain anak-anak seperti kolam mandi bola dan kolam renang.

4. Potensi Kuliner

ledre-bojonegoro

Mungkin ibarat malam tanpa bintang, atau juga sayur tanpa garam ya, bila kita melancong atau berwisata ke satu tempat tanpa sempat mencicipi kuliner khasnya. Ya, saat kita singgah di Bojonegoro jangan sampai lupa untuk mencicipi oleh-oleh khas kota ini, mulai dari ledre, yakni makanan berbentuk mirip emping gulung dengan aroma pisang raja yang manis, Salak wedi, salak khas Bojonegoro, atau juga blimbing Nringinrejo yang tumbuh subur di desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro.

5. Potensi Kerajinan Khas Bojonegoro

kerajinanrakyat

Sudah sejak lama, kabupaten Bojonegoro terkenal sebagai penghasil berbagai barang kerajinan berkualitas, khususnya olahan kerajinan dari kayu jati. Produk-produk kayu seperti mebel, souvenir, hingga limbah kayu dari kabupaten ini telah melanglang buana ke berbagia negara dengan kualitas ekspor.

Sumber gambar dan referensi

http://blogbojonegoro.com

http://www.eastjava.com

Iklan

Tentang In'am Al Fajar

Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Klesman Wonosobo, tholabah Ma'had Aly Pesantren Al Hikmah 2 Brebes Th.2008, --penyuka nasi goreng yang tengah menikmati proses belajar menulis.
Pos ini dipublikasikan di Kontes, Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Menggenal Potensi Lintas Sektoral Bojonegoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s